APA ITU DAY OLD CHICK?

Tanggal :11/05/2023 00.00.00 Penulis : Creative Team


Day Old Chick atau DOC adalah anak ayam yang baru ditetaskan dan baru berumur satu hari. DOC harus segera dipelihara karena sifatnya yang rentan mengalami stres. Saat memindahkan DOC ke kandang proses transportasi menjadi titik kritis yang beresiko menyebabkan kerugian akibat penyusutan. Indonesia dengan kondisi iklim dengan curah hujan dan kelembapan yang tinggi dapat menjadi penyebab DOC rentan terkena stres karena kondisi lingkungan.


DOC ayam biasa dipakai untuk istilah ayam broiler. DOC sebagai bibit untuk diternakkan oleh peternak broiler. Bobot DOC normal berkisar 35-40 gram/ekor. Kadar darah pada DOC yang baru ditetaskan yaitu sebesar +5%. Pemilihan bibit DOC berkualitas sangat penting karena menentukan keberhasilan dari ternak ayam broiler.


Ciri-ciri DOC yang baik yaitu memiliki kriteria seperti aktif bergerak, bentuk tubuh bulat, bulu bersih, terlihat mengkilat, hidung bersih, mata tajam, dan anus bersih. Kondisi fisik dari DOC sangat penting diperhatikan oleh peternak. Kebutuhan air minum DOC tergantung dengan temperatur kandang dan aktivitas ayam. Pada 4-6 jam pertama saat DOC masuk ke kandang, air minum yang diberikan perlu dicampur dengan vitamin, antibiotik atau larutan air gula. Fungsi pemberian air gula pada air minum alat ternak agar DOC bisa mendapatkan energi.


Peternak perlu mempersiapkan beberapa hal ketika DOC datang salah satunya yaitu pakan ayam karena DOC kehilangan banyak energi selama proses pemindahan dari tempat penetasan ke kandang. PT Mitra Alat Ternak sebagai supplier tempat pakan ayam menjual tempat pakan ayam manual dan otomatis. Super feeder punos merupakan salah satu tempat pakan ayam manual yang dapat digunakan mulai dari DOC sampai panen. Selain itu masih banyak tempat pakan ayam yang kami jual dan menawarkan kelebihan pada setiap produknya.

kategori blog

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Logo IDT
Chatbot